Langsung ke konten utama

Algoritma dan Pemrograman

Apa itu perancangan program?

Perancangan program adalah suatu kegiatan mengidentifikasi sebuah masalah dan menghasilkan serangkaian instruksi yang membangun sebuah program komputer untuk menghasilkan output. 

Sebelum membuat suatu program, terlebih dahulu dibuat sebuah algoritma yang sistematis dan benar agar program berjalan dengan lancar.


Apa itu algoritma?

Algoritma adalah langkah-langkah yang dibutuhkan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. 

Sebuah algoritma juga harus memiliki susatu input output serta memiliki kondisi akhir yang memberikan solusi yang diharapkan.

Dalam penyajiannya, algoritma dapat dijelaskan menggunakan pseudocode atau flowchart.

Pseudocode
Pseudocode merupakan suatu bahasa yang memungkinkan programmer untuk berpikir terhadap permasalahan yang harus dipecahkan tanpa harus memikirkan syntax dari bahasa pemrograman yang tertentu. Tidak ada aturan penulisan syntax di dalam pseudocode. Jadi pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika urut-urutan dari program tanpa memandang bagaimana bahasa pemrogramannya. 

contoh:

 

Flowchart
Flowchart atau diagram alir adalah suatu bagan diagram dengan simbol simbol grafis yang menyatakan aliran algoritma secara detail dan prosedur sistem secara logika.

Contoh:


Berikut adalah simbol-simbol flowchart





Contoh kasus!

Bagaimana caranya menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung 3 liter dan tabung 5 liter?
 

Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Masukan air ke dalam tabung 3 liter hingga penuh. 
  2. Saat tabung tiga liter sudah penuh, tuangkan air didalam tabung 3 liter tersebut ke dalam tabung 5 liter hingga air didalam tabung 3 liter habis.
  3. Isi kembali tabung 3 liter hingga penuh.
  4. Lalu tuangkan kembali air didalam tabung 3 liter ke dalam tabung 5 liter sehingga tabung 5 liter terisi penuh.
  5. Tabung 3 liter nantinya akan terisi 1 liter air dari sisa yang dituangkan ke dalam tabung 5 liter.

Berikut adalah pseudocode:

Program Penghasil 1 Liter Air
{Menghasilkan 1 liter air dengan menggunakan tabung 3 liter dan tabung 5 liter}

Deklarasi
+ Inisialisasi air 1 liter
+ Inisialisasi tabung 3 liter dan tabung 5 liter

Deskripsi 
+ Input air kedalam tabung
+ Tabung = 1 liter
+ Jika tabung sama dengan 1 liter maka cetak tabung
+ Jika tidak input ulang air kedalam tabung hingga menghasilkan 1 liter air 
+ Selesai 

Berikut bentuk flowchart:
 

Komentar

Postingan Populer

Akar-Akar Persamaan Kuadrat

Pembahasan kali ini sedikit berbeda. kenapa berbeda?.. karena kita akan memakai rumus matematika dasar mengenai akar-akar persamaan kuadrat dan menentukan jenis-jenis akar persamaan kuadrat. Tentu kita akan membuat pseudocode, flowchart, dan program C++ dari pembahasan kali ini. Jadi apa itu pseudocode dan flowchart?.. kalian bisa melihatnya dari postingan sebelumnya di sini .  Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tau apa itu akar-akar persamaan kuadrat dan jenis-jenis akar persamaan kuadrat. Persamaan kuadrat adalah suku banyak yang dimana 2 adalah pangkat tertinggi yang dimiliki suatu variabel dalam sebuah persamaan, Maksudnya apa ya?.. jadi kalo kita lihat dari persamaan umum dari ax 2  - bx + c = 0 maka pada bagian pangkat 2 itu adalah suku banyak. Lalu bagaimana dengan jenis-jenis akar persamaan kuadrat?.. jenis persamaan kuadrat ada 3 yaitu D>0, D=0, dan D<0, Apasih bedanya?.. lihat penjelasan berikut: Bentuk umum persamaan kuadrat: ax 2  - bx

Bilangan Prima

Kali ini kita akan membahas dan memecahkan suatu masalah serta membuatnya ke dalam program C++. Jadi apa yang akan kita bahas?.. kita akan membahas bagaimana cara membuat program yang dapat memberitahu bahwa suatu bilangan adalah bilangan prima atau bukan. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tau apa itu bilangan prima. Bilangan prima adalah bilang yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. Dari pengertian berikut kita diberitahu bahwa faktor pembagi dari sebuah bilangan prima maksimal dua faktor pembagi, jika lebih maka bilangan itu bukan bilangan prima. Langkah kedua adalah membuat algoritma dalam bentuk pseudocode dan flowchart dari permasalahan diatas. Apa itu algoritma, pseudocode, dan flowchart?.. jika kalian belum mengerti apa itu algoritma, pseudocode, dan flowchart, kalian bisa mengunjungi postingan sebelumnya dari JangkrikNgoding di  link ini. Apa saja yang akan kita buat dalam pseudocode dan flowchart?.. yang pasti kita membuat

Tahun Kabisat

Pada pembahasan kali ini, kita akan memecahkan sebuah masalah dan membuat program C++ dari masalah tersebut. Masalah apa yang akan bahas?.. yaitu sebuah program yang membuktikan bahwa suatu tahun adalah tahun kabisat. Langsung saja kita bahas cara pengerjaannya. Seperti biasa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa itu tahun kabisat. Tahun kabisat merupakan tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Biasanya terjadi pada bulan februari yaitu penambahan tanggal 29 februari dan terjadi dengan selang waktu 4 tahun sekali, jadi setiap 4 tahun sekali akan terjadi tahun kabisat. Langkah kedua adalah membuat algoritma dari permasalahan diatas dalam bentuk pseudocode dan flowchart. Apa itu algoritma, pseudocode, dan flowchart?.. jika kalian belum mengerti apa itu algoritma, pseudocode, dan flowchart, kalian bisa mengunjungi postingan sebelumnya dari JangkrikNgoding di  link ini. Pseudoc